Inilah 10 Wisata Alam di Semarang

Gunung Telomoyo Kopeng, Wisata Alam Semarang

Wisata alam Semarang bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu libur kamu.

Selain kaya akan tempat bersejarah seperti Lawang Sewu, Kota Lama, maupun Benteng Fort Willem, Semarang juga memiliki daya tarik alam yang mempesona.

Memiliki alam yang indah, Semarang menyuguhkan beragam wisata alam. Kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah dengan udara sejuk yang tidak pernah kamu temukan di perkotaan.

Berikut 10 wisata alam semarang yang bisa kamu masukkan ke list untuk trip selanjutnya bersama teman maupun keluarga.

10 Wisata Alam di Semarang

1. Gunung Telomoyo Kopeng

Gunung Telomoyo terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl, namun jangan khawatir, wisata alam ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati gunung tapi malas untuk mendaki dengan berjalan kaki.

Di Gunung Telomoyo, kamu bisa mencapai puncak dengan mengendarai sepeda motor.

2. Umbul Sidomukti Bandungan

Wisata alam Umbul Sidomuksti terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini berada di lereng Gunungg Ungaran dengan ketinggian 1200 mdpl, oleh sebab itu tempat ini memiliki udara yang sejuk dangan pemandangan alam yang indah.

Salah satu daya tarik tempat wisata ini adalah kolam renang. Selain itu, kamu juga bisa menunggangi kuda yang sudah terlatih.

Umbul Sidomukti juga menyediakan wahana yang memacu adrenalin, yaitu ATV, Flying Fox, Marine Bridge, Sepeda Awang, dan Triangle.

3. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan nama sebuah kompleks bangunan candi peninggalan budaya Hindu. Tempat ini terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di lereng Gunung Ungaran.

Trending :   10 Negara Teraman untuk Solo Traveling

Candi Gedong Songo, dalam bahasa jawa Gedong artinya bangunan dan Songo yang berarti sembilan. Maka dari itu, di kompleks candi ini terdapat sembilan buah bangunan candi.

Sembilan candi tersebut tersusun bertingkat-tingkat yang tersebar di seluruh area sehingga pengunjung dapat menelusuri setiap tingkatan candi. Selain mengagumi arsitektur candi yang memukau, kamu juga dapat menikmati pemandangan alam indah yang memanjakan mata.

Kamu bisa menjelajahi candi dengan menunggangi kuda jika kamu capek atau malas untuk berjalanan kaki.

4. Kampoeng Kopi Banaran

Menikmati panorama gunung Telomoyo dan danau Rawa Pening yang indah dengan ditemani secangkir kopi, bisa kamu dapatkan di Kampoeng Kopi Banaran. Di samping itu, kamu juga bisa berkeliling kebun kopi dan menambah wawasan kamu tentang kopi.

Di tempat ini, kamu dapat menikmati sensasi menginap di tengah-tengah perkebunan kopi. Selain itu, Kampoeng Kopi Banaran juga menyediakan beberapa fasilitas seperti arena bermain anak (Play Ground), Corporate Gathering, Jogging Track, Outbound Team Building, Kolam Renang dan masih banyak lagi.

5. Puri Kayana Camping Ground

Nikmati penginapan bertema alam di Puri Kayana Camping Ground yang berlokasi di dukuh Krajan, desa Banyukuning. Lebih tepatnya di sebelah timur Candi Gedong Songo, Bandungan, Semarang. Berada di lereng kaki Gunung Ungaran, membuat tempat ini memiliki pemandangan yang masih asri.

Selain itu, kamu juga bisa mendirikan tenda di area Camping ground yang telah disediakan. Untuk camping di Puri Kayana kamu harus membayar sebesar Rp.50.000/tenda.

Tempat ini juga ramah anak dengan disediakannya fasilitas bermain untuk anak-anak. Tidak ketinggalan juga, cafe dan resto untuk memanjakan perut kamu.

6. Merbabu Park Cuntel Kopeng

Satu lagi tempat wisata alam semarang dan kali ini berada di lereng Gunung Merbabu, Kopeng, Jawa Tengah yaitu Merbabu Park.

Tidak jauh berbeda dengan Puri Kayana Camping Ground, Merbabu Park Kopeng juga menyediakan penginapan, camping groud, hingga wisata outbond. Selan ramah keluarga dan anak, Merbabu Park juga bertabur spot foto Instagramable yang dapat menambah koleksi foto Instagram kamu.

Trending :   Jelajahi Berlin Dari Rumah Melalui Virtual Tour

Dengan dukungan udara lereng gunung Merbabu yang sangat sejuk, akan membuat kamu betah berlama lama disini.

7. Curug Lawe Benowo Kalisidi

Setelah Outbound dan camping di Merbabu Park Cuntel Kopeng, gimana kalau melihat pemandangan air terjun atau Curug Lawe Benowo Kalisidi. Tempat ini berada di Kecamatan Ungaran Barat. Pesona dua air terjun yang berada dalam satu lokasi ini akan kamu temui jika berkunjung di sini.

Untuk menuju ke curug, kamu bisa berjalanan kaki melewati hutan yang masih asri dan terlindungi. Jika beruntung, kamu dapat melihat satwa liar seperti lutung yang merupakan ikon tempat wisata ini.

8. Curug Semirang, Ungaran

Selain Curug Lawe Benowo, ada juga pilihan lain untuk wisata alam air terjun di Semarang. Curug Semirang, terletak di kaki gunung Ungaran dan dikelilingi pepohonan pinus yang asri. Terdapat juga beberapa satwa kecil yang sering berlalu lalang, namun jangan khawatir, ini aman untuk wisatawan.

Tidak hanya air terjun, bahkan tempat ini juga dikelola sebagai kawasan wisata buatan dengan dibuatnya kolam renang yang terletak di antara pepohanan, seolah seperti berada di tengah hutan.

9. Ampelgading Bandungan

Satu lagi wisata alam terbaru di Semarang yaitu Ampelgading atau nama lainnya I’Ampelgading Homeland. Berlokasi di Bandungan, tempat wisata ini menawarkan pesona keindahan alam perbukitan yang sangat apik.

Memiliki ketinggian mencapai 1.300 mdpl, membuat kamu seolah berada di atas awan. Banyak aktifitas seru yang bisa kamu lakukan di I Ampelgading Homeland, diantaranya mendirikan tenda dan hiking dengan rute trakking yang menarik untuk ditaklukan.

Kamu juga bisa menikmati Sunrise dan Sunset, Outbond, dan menyusuri area perkebunan dengan menggunakan jeep. Tidak ketinggalan spot foto menarik yang banyak diburu pengunjung.

10. Wisata Alam Parantunan Bandungan

Udara sejuk dan panorama yang indah, membuat lereng Gunung Ungaran meiliki berbagai tempat wisata, salah satunya Perantunan. Parantunan berlokasi di Desa Gintungan, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Disini, kamu juga bisa melakukan pendakian atau camping. Udara sejuk dengan pemandangan Danau Rawa Pening dan Gunung Merbabu bisa kamu nikmati ketika membuka tenda.

Itulah 10 Wisata Alam di Semarang yang bisa menambah daftar wisata alam untuk kamu  jelajahi.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU