Minuman yang Bisa Menyembuhkan Batuk

Minuman yang Bisa Menyembuhkan Batuk

Minuman yang bisa menyembuhkan batuk ada berbagai macam. Anda dapat dengan mudah menemukannya di rumah. Ini dapat menjadi langkah penanganan awal ketika batuk menyerang.

Batuk merupakan respons alami tubuh untuk membersihkan saluran udara Anda. Namun, batuk juga dapat disebabkan oleh hal lain, seperti alergi, asma, atau gangguan pencernaan seperti refluks asam.

Saat Anda merasa tidak enak badan, batuk bisa sangat mengganggu. Disamping itu, batuk juga dapat menguras energi Anda sehingga membuat Anda menjadi lemas.

Tapi, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil untuk menenangkan saluran udara dan meredakan batuk Anda. Salah satu pengobatan rumahan terbaik dan paling sederhana ini cocok untuk Anda yang enggan untuk minum obat kimia. Berikut daftar minuman untuk meredakan batuk Anda

Minuman yang Bisa Menyembuhkan Batuk

Teh Madu

Selain untuk meringankan pilek dan membantu meredakan sakit tenggorokan, madu juga berkhasiat untuk meredakan batuk.

Sebuah penelitian menemukan bahwa madu sangat efektif untuk meredakan batuk malam hari dan meningkatkan kualitas tidur. Bahkan madu lebih efektif daripada dekstrometorfan, obat batuk, dalam meredakan gejala batuk.

Namun, jangan memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun. Ini karena risiko botulisme pada bayi, suatu bentuk keracunan makanan yang parah.

Anda dapat membuat teh dengan madu dan lemon. Seduh dua sendok makan madu dan dua sendok makan jus lemon ke dalam secangkir air panas. Jika memungkinkan, cobalah menggunakan madu organik mentah.

Teh Jahe

Tidak hanya menjadi bahan yang digunakan di banyak makanan dan minuman, tetapi jahe juga menjadi salah satu makanan yang populer untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe mengandung beberapa senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang kuat. Oleh sebab itu, jahe dapat membantu menenangkan tenggorokan dan saluran udara yang teriritasi akibat batuk.

Seduh teh jahe yang menenangkan dengan menambahkan irisan jahe atau jahe parut segar dalam secangkir air panas. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih efektif untuk meredakan batuk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan jahe cincang halus ke dalam teh herbal untuk meredakan batuk Anda.

Trending :   Penggunaan Teknologi VR Dalam Rehabilitasi Pasien Stroke

Teh Mint

Minuman lain yang dapat menyembuhkan batuk adalah teh mint. Daun mint telah banyak digunakan untuk berbagai tujuan termasuk mengobati flu, masalah pencernaan, dan sakit kepala.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa daun mint memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan penghilang rasa sakit.

Disamping itu, kandungan mentol dalam daun mint dapat membantu mengencerkan lendir atau dahak di tenggorokan.

Atau jika Anda sedang pilek, kandungan dalam teh daun mint juga dapat membantu meredakan sinus yang tersumbat dan membuat Anda lebih mudah bernapas.

Jika Anda ingin membuat teh mint dari daun segar caranya yaitu dengan menambahkan 15 daun mint ke dalam 2 gelas air panas, biarkan selama sekitar 5 menit. Setelah itu, saring sebelum diminum.

Selain itu Anda bisa membeli teh mint yang dijual secara bebas di toko bahan makanan lokal, toko kesehatan, atau online. Anda dapat mengikuti petunjuk yang tercantum di kemasan produk untuk membuat teh.

Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat populer digunakan sebagai obat batuk alami. Kandungan Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Selain itu, air jeruk nipis juga dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi seperti flu dan batuk. Konsumsi air jeruk nipis juga dapat mempersingkat durasi batuk.

Dari hasil penelitian, limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus.

Streptococcus merupakan jenis bakteri yang bertanggung jawab terhadap berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi pernapasan dan mulut.

Jeruk nipis biasa dikonsumsi dengan tambahan madu dan air hangat. Tidak jarang orang menggunakan ramuan kecap dan jeruk nipis untuk meredakan batuk.

Lemon

Mengonsumsi buah lemon saat batuk dapat mengurangi lendir berlebih dan mempercepat penyembuhan batuk.

Tidak berbeda dengan jeruk nipis, lemon juga kaya akan vitamin C. Makanan yang tinggi vitamin C dan antioksidan lainnya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap kuman yang menyebabkan pilek dan flu.

Seduhan air lemon dan madu dapat membantu menenangkan dan mengobati batuk untuk jangka pendek. Buatlah perasan 1 buah lemon dalam secangkir air panas dan tambahkan satu sendok makan madu. Minum di pagi dan malam hari untuk membantu meredakan batuk.

Trending :   Tips Merawat Kesehatan Kulit Saat Berpuasa

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Oleh sebab itu, kunyit mampu mengatasi beberapa kondisi kesehatan termasuk batuk.

Selain sebagai obat batuk, kunyit telah digunakan untuk mengobati kondisi pernapasan bagian atas, bronkitis, dan asma dalam pengobatan tradisional.

Untuk menjadikannya sebagai obat batuk, Anda bisa membuat minuman kunyit seperti kunyit asam. Atau mencampurkan kunyit ke dalam susu hangat yang bisa di minum tiap pagi dan malam hari.

Beras Kencur

Minuman selanjutnya yang bermanfaat untuk meredakan batuk yaitu beras kencur. Kencur termasuk tanaman rimpang yang biasa diolah menjadi jamu tradisional. Kencur juga dikenal dengan beragam manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk penyembuhan batuk.

Kombinasi antara beras dan kencur bisa digunakan untuk meredakan batuk hingga mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Cara membuat minuman beras kencur cukup mudah yaitu cuci satu sendok makan beras, dua rimpang rempah kencur dan satu ruas jari kunyit. Haluskan semua bahan dengan blender kemudian tambahkan gula dan perasan air lemon, rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga mendidih. Tunggu beberapa saat hingga pati rempah mengendap, minum selagi masih hangat.

Jus Nanas

Nanas juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi batuk berdahak. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan bromelain di dalam buah nanas dapat meredakan batuk dan mengurangi dahak di tenggorokan.

Bromelain merupakan enzim di dalam nanas yang memiliki sifat anti-inflamasi dan mukolitik. Kedua enzim bromelain ini mampu memecahkan lendir yang menjadi penyebab utama batuk dan mampu menghilangkan sepenuhnya.

Hal ini menjadikan nanas sebagai makanan yang sangat baik untuk membantu meredakan batuk.

Sebagai obat batuk berdahak, Anda bisa membuatnya menjadi jus. Namun, penting untuk diperhatikan, jus nanas tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang menggunakan pengencer darah atau antibiotik seperti amoksisilin.

Itulah beberapa minuman yang bisa menyembuhkan batuk. Jika batuk tidak kunjung sembuh dalam waktu berhari-hari meski telah melakukan pengobatan dengan bahan alami, sebaiknya segera hubungi dokter dan dapatkan obat-obatan pereda batuk.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU