4 Obat Demam yang Efektif Menurunkan Suhu Tubuh

4 Obat Demam yang Efektif Menurunkan Suhu TubuhDahimu terasa hangat. Apakah ini berarti Anda sakit parah? Jangan takut dengan demam rendah. Merasa sedikit panas pada tubuh, merupakan pertanda baik bahwa sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik.

Beberapa obat yang dijual bebas memaksa tubuh Anda menjadi dingin hingga mencapai suhu normal. Meskipun panas adalah tanda bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi.

Jadi daripada lari ke lemari obat Anda, cobalah obat penurun panas alami. Obat-obatan ini dapat menenangkan panas dengan lembut. Dengan cara ini, sistem kekebalan Anda masih dapat melakukan pekerjaan yang dirancang untuk itu.

Kapan demam serius?

Sederhananya, demam adalah mekanisme pertahanan alami, dan biasanya dipicu oleh infeksi. Peningkatan suhu tubuh memicu sejumlah proses internal yang dirancang untuk menghancurkan bakteri dan kuman yang akan membuat Anda sakit.

Suhu tubuh normal adalah sekitar 98,6 F. jika suhu tubuh Anda meningkat 1-5 derajat, biasanya Anda tidak perlu khawatir. Suhu tubuh kurang dari 103 F tidak berbahaya pada orang dewasa.

Namun, untuk bayi di bawah usia 3 bulan, suhu yang sedikit lebih tinggi bisa berarti masalah. Bawa anak Anda ke dokter segera jika suhu rektal lebih tinggi dari 100,4 F.

Berikut obat demam yang efektif menurunkan suhu tubuh Anda.

4 Obat Demam yang Efektif Menurunkan Suhu Tubuh

1. Echinacea

Echinacea adalah ramuan kuat yang telah digunakan selama berabad-abad, dimulai dengan penduduk asli Amerika.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa minum teh yang mengandung echinacea ketika Anda demam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini akan membantu Anda menyingkirkan infeksi dan menurunkan suhu tubuh lebih cepat.

Trending :   Kelas 1,2,3 Akan Dihapus mulai 2023, Akankah Iuran BPJS Ikut Naik?

Anda dapat menemukan teh yang mengandung echinacea di sebagian besar toko makanan kesehatan.

2. Jahe

Cara lain untuk mengobati demam rendah adalah dengan menggunakan jahe. Sifat antibakteri jahe membuatnya efektif melawan panas, batuk, dan gejala umum lainnya.

Temukan teh jahe di toko bahan makanan atau buat sendiri di rumah menggunakan irisan jahe.

3. Minum banyak cairan

Cairan penting untuk membantu tubuh mengatur suhu, mengeluarkan kuman yang tidak diinginkan, dan membantu tubuh Anda berjalan dengan lancar. Jika Anda merasa demam, pastikan untuk minum banyak air dan cairan lainnya.

4. Lebih banyak tidur dapat menurunkan demam

Mungkin cara terbaik untuk menghilangkan demam ringan adalah dengan banyak istirahat.

Demam adalah cara tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa ia bekerja keras untuk mencegah Anda jatuh sakit.

Jadi berikan tubuh Anda energi dan waktu yang dibutuhkan untuk melawan kuman yang masuk dengan tidur.

Kesimpulan

Suhu tubuh tinggi bisa sangat berbahaya. Tetapi demam ringan sesekali hanyalah cara penyembuhan tubuh Anda.

Semua obat bebas memiliki risiko dan efek samping. Obat-obatan yang menurunkan panas menghambat proses penyembuhan alami tubuh Anda.

Jadi, daripada menggunakan botol pil, mulailah dengan salah satu pengobatan alternatif ini.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU