Cara Addon Domain Pada Hosting Melalui Cpanel

Addon Domain CPANEL

Cara addon Domain pada hosting berguna untuk menambahkan domain ke hosting utama untuk selanjutnya diarahkan ke subfolder atau sub direktori dari sebuah website. Addon domain ini biasanya digunakan untuk menambah domain kedalam hosting (sharehost). Dengan cara ini cukup membeli satu hosting saja, kita bisa membuat beberapa website.

Cara Addon Domain Pada Hosting Melalui Cpanel

Dalam segi teknis, setelah melakukan addon domain maka domain akan berbagi sumberdaya yang dimiliki oleh domain utama. Pembagian sumberdaya ini meliputi disk space, bandwidth, memory bahkan cpanel. Nantinya Cpanel digunakan secara bersama–sama, jadi dalam hal addon domain pada sharehost kita tidak bisa mendapatkan cpanel baru. Berbeda hal jika kita menggunakan reseller hosting.

Cara addon Domain pada hosting

  1. Langkah – langkah untuk melakukan addon domain pada hosting adalah sebagai berikut:
  2. Login ke cpanel pada domain utama.
  3. Caranya buka www.namadomain.com/cpanel. Gunakan username dan password cpanel dengan detail akun yang telah dikirimkan via e-mail.
  4. Setelah masuk ke cpanel, pilih tulisan Addon Domains. Ada banyak icon di cpanel, untuk menghemat waktu gunakan fitur pencarian dengan menekan tombol ctrl+F dan ketikkan Addon Domain.

Setelah mengklik addon domain, Anda akan dibawa ke halaman detail addon domain.

Settingan addon domain pada hosting

  1. New Domain Name: Isi dengan domain yang ingin Anda tambahkan.
  2. Subdomain/FTP Username: Boleh diisi secara bebas. Isian ini nantinya akan digunakan sebagai username pada ftp.
  3. Document Root: Isian ini nantinya akan digunakan sebagai root directory untuk menyimpan data bagi domain yang Anda tambahkan.
  4. Password & Password again: Password ini nantinya digunakan untuk login via ftp. Saya sarankan Anda menggunakan password generator. Karena password generator memiliki tingkat kesulitan password yang cukup tinggi. Keuntungannya akun ftp Anda tidak gampang di bobol hacker menggunakan metode bruteforce. Jika Anda menggunakan pilihan ini, pastikan Anda menyimpan salinan dari password generator di tempat yang aman.
  5. Selanjutnya klik add domain untuk melanjutkan.
Trending :   Tips Meningkatkan Traffic Blog

Demikian cara addon domain pada hosting. Sampai saat ini proses addon domain telah selesai, itu tandanya domain telah berhasil ditambahkan. Untuk melakukan instalasi website, Anda bisa menggunakan softaculous yang juga berada pada Cpanel.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU