8 Vitamin dan Suplemen Terbaik Untuk Kulit Kering

8 Vitamin dan Suplemen Terbaik Untuk Kulit Kering

Kulit kering dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk dehidrasi, penuaan, perubahan musim, alergi, dan defisiensi mikronutrien.

Tergantung pada penyebab kulit kering Anda, metode perawatan yang berbeda, termasuk salep obat dan pelembab, dapat digunakan untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Selain itu, modifikasi gaya hidup, seperti minum lebih banyak air dan mengonsumsi suplemen tertentu, dapat memperbaiki kulit kering.

Berikut 8 vitamin dan suplemen untuk kulit kering.

8 Vitamin dan Suplemen Terbaik Untuk Kulit Kering

1. Vitamin D untuk kulit kering

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk kesehatan kulit Anda.

Keratinosit adalah sel-sel kulit yang membentuk sebagian besar lapisan luar kulit, yang dikenal sebagai epidermis.

Keratinosit adalah satu-satunya sel dalam tubuh Anda yang dapat mensintesis vitamin D dari prekursornya 7-dehydrocholesterol (7-DHC) dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan tubuh Anda.

Vitamin D memainkan peran penting dalam fungsi penghalang pelindung kulit dan pertumbuhan sel kulit, serta menjaga sistem kekebalan kulit, yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama melawan patogen berbahaya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dalam darah terkait dengan kondisi kulit, termasuk eksim dan psoriasis – keduanya dapat menyebabkan kulit kering.

Selain itu, suplementasi vitamin D telah terbukti secara signifikan memperbaiki gejala gangguan kulit yang menyebabkan kulit kering dan gatal, termasuk eksim.

Selanjutnya, penelitian telah menunjukkan hubungan antara vitamin D dan kelembaban kulit.

Sebuah penelitian terhadap 83 wanita menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin D yang rendah memiliki kelembaban kulit rata-rata yang lebih rendah daripada partisipan dengan kadar vitamin D yang normal.

Ketika kadar vitamin D dalam darah meningkat, kadar kelembapan kulit juga meningkat.

Studi kecil lainnya selama 12 minggu pada 50 wanita mencatat bahwa perawatan harian dengan suplemen makanan yang mengandung 600 IU vitamin D menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam hidrasi kulit.

Namun, suplemen tersebut mengandung berbagai nutrisi, sehingga tidak jelas apakah pengobatan dengan vitamin D saja akan memberikan hasil positif yang sama.

Sebagian besar populasi kekurangan vitamin D, dan karena nutrisi ini penting untuk hidrasi kulit, suplementasi dengan vitamin D dapat membantu memerangi kulit kering.

Namun, pastikan untuk mendiskusikan penggunaan suplemen vitamin D dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan mencari produk yang telah diuji oleh pihak ketiga untuk memastikan kualitas tertinggi.

2. Kolagen untuk kulit kering

Kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh Anda dan menyumbang 75% dari berat kering kulit Anda.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen mungkin memiliki berbagai manfaat untuk kulit Anda, termasuk mengurangi kedalaman kerutan dan meningkatkan hidrasi kulit.

Sebuah penelitian pada 69 wanita menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi 2,5-5 gram kolagen setiap hari selama 8 minggu telah secara signifikan meningkatkan elastisitas kulit dan meningkatkan hidrasi kulit, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Trending :   7 Tips Menjaga Kesehatan Kulit 

Studi 12 minggu lainnya pada 72 wanita mencatat bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung 2,5 gram peptida kolagen bersama dengan campuran bahan lain seperti vitamin C dan seng secara signifikan meningkatkan hidrasi dan kekasaran kulit, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Namun, suplemen tersebut mengandung nutrisi lain, sehingga tidak diketahui apakah kolagen saja akan memiliki efek yang sama.

Selain itu, penelitian ini didanai oleh produsen suplemen makanan yang mungkin telah mempengaruhi hasil penelitian.

Sebuah tinjauan tahun 2019 terhadap 11 studi menyimpulkan bahwa mengonsumsi 2,5-10 gram suplemen kolagen oral setiap hari selama 4-24 minggu meningkatkan hidrasi kulit dan dehidrasi yang diobati, yang merupakan istilah medis untuk kulit kering.

Jika Anda ingin mencoba suplemen kolagen untuk membantu mengeringkan kulit Anda, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum membeli produk pihak ketiga yang disetujui.

3. Vitamin C untuk kulit kering

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat dan sangat penting untuk produksi kolagen, menjadikannya nutrisi penting untuk kesehatan kulit.

Faktanya, kulit mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi, dengan beberapa penelitian menemukan konsentrasi hingga 64 mg vitamin C per 100 gram epidermis.

Tidak mengherankan, penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan vitamin C makanan melalui suplementasi vitamin C dapat meningkatkan banyak faktor kesehatan kulit, termasuk hidrasi kulit.

Beberapa penelitian tabung telah menemukan bahwa vitamin C dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit dan membantu mengurangi kehilangan air, yang dapat membantu mencegah kekeringan kulit.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika digunakan dengan nutrisi lain, vitamin C dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit.

Sebagai contoh, sebuah penelitian selama 6 bulan pada 47 pria menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung 54 miligram vitamin C, ditambah protein laut dan sejumlah nutrisi lainnya, secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Penelitian lain pada wanita menunjukkan hasil yang serupa.

Sebuah studi pada 152 wanita menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen yang mengandung 54 mg vitamin C, ditambah seng dan protein laut, secara signifikan mengurangi kekasaran kulit, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Namun, di sebagian besar penelitian yang tersedia tentang efek vitamin C pada kulit kering, vitamin C dikombinasikan dengan nutrisi lain, sehingga tidak mungkin untuk mengetahui apakah nutrisi akan memiliki efek yang sama jika digunakan sendiri.

Selain itu, banyak penelitian yang disponsori oleh perusahaan farmasi yang membuat produk dalam evaluasi, yang dapat mempengaruhi hasil penelitian.

Terlepas dari itu, berdasarkan penelitian terbaru, mengonsumsi suplemen vitamin C dapat meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dan membantu memerangi kulit kering.

Seperti halnya suplemen baru, Anda harus berbicara dengan profesional kesehatan sebelum menambahkan suplemen vitamin C ke dalam diet Anda.

4. Minyak ikan untuk kulit kering

Minyak ikan terkenal karena sifatnya yang meningkatkan kulit.

Ini mengandung asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA), dua asam lemak esensial yang memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan yang kuat dan telah terbukti bermanfaat bagi kulit dalam banyak cara.

Trending :   Hilangkan Pikiran Stres dengan Rileks

Suplemen minyak ikan dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan penghalang asam lemak kulit, membantu menjaga hidrasi.

Sebuah studi 90 hari pada tikus dengan kulit kering yang disebabkan oleh aseton menemukan bahwa suplementasi oral dalam dosis tinggi minyak ikan secara signifikan meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi kehilangan air, dan menghilangkan gatal kulit yang terkait dengan kekeringan, dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima minyak ikan.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kelompok minyak ikan mengalami peningkatan hidrasi kulit 30% setelah 60 hari perawatan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa perawatan harian dengan dosis minyak ikan mulai dari 1-14 gram EPA dan 0-9 gram DHA selama 6 minggu hingga 6 bulan meningkatkan gejala psoriasis – penyakit kulit inflamasi kronis – termasuk penskalaan, kekeringan, atau retak. kulit.

Minyak ikan juga telah terbukti mengurangi peradangan kulit dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, menjadikannya suplemen yang ramah kulit.

Ada banyak produk minyak ikan yang disetujui pihak ketiga yang tersedia. Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu untuk menentukan pilihan dan dosis terbaik untuk kebutuhan Anda.

Selain nutrisi yang tercantum di atas, penelitian telah menunjukkan bahwa melengkapi dengan beberapa senyawa lain mungkin merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kelembaban kulit.

5. Probiotik untuk kulit kering

Sebuah studi menemukan bahwa suplementasi dengan Lactobacillus plantarum pada tikus dan manusia meningkatkan fungsi penghalang kulit dan hidrasi setelah 8 minggu. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

6. Asam hialuronat

Asam hialuronat sering digunakan secara topikal untuk meningkatkan hidrasi kulit, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi senyawa ini bersama dengan nutrisi lain dapat meningkatkan hidrasi kulit secara signifikan.

7. Lidah buaya

Sebuah penelitian pada 64 wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen asam lemak yang berasal dari lidah buaya selama 12 minggu secara signifikan meningkatkan kelembapan kulit dan elastisitas kulit, dibandingkan dengan plasebo.

8. Ceramide

Ceramides adalah molekul lipid yang merupakan komponen penting dari kulit yang sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen ceramide dapat meningkatkan hidrasi kulit, yang dapat membantu merawat kulit kering.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen di atas dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit dan merawat kulit kering.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum senyawa ini dapat direkomendasikan sebagai cara yang efektif untuk meredakan kulit kering secara alami.

Pertimbangan tambahan

Meskipun mengonsumsi suplemen tertentu dapat membantu memperbaiki kulit kering, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kulit kering dan harus dipertimbangkan.

Misalnya, dehidrasi adalah penyebab umum kulit kering, jadi meningkatkan asupan air bisa menjadi cara yang sehat dan mudah untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Pola makan yang tidak sehat, kekurangan mikronutrien, dan tidak cukup makan dapat menyebabkan atau memperburuk kulit kering.

Selain itu, penyakit tertentu, termasuk penyakit ginjal, anoreksia, psoriasis, dan hipotiroidisme, serta alergi lingkungan, dapat menyebabkan kulit kering.

Oleh karena itu, penting untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki kulit yang terasa kering dan teriritasi untuk menyingkirkan kondisi kesehatan yang lebih serius.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU