Mobil Masa Depan: 2023 Toyota bZ4X Mengembalikan Brand ke EV Space

Apa itu: Crossover listrik kustom pertama Toyota berada di antara C-HR dan RAV4 dalam hal ukuran. Dia akan menjadi orang pertama yang memakai lencana “bZ”, yang merupakan singkatan dari Beyond Zero – sub-merek Toyota untuk kendaraan listrik baterai.

Konsep bZ4X yang ditampilkan di sini memulai debutnya di Shanghai Auto Show, dan versi produksinya, yang seharusnya sama persis, dijadwalkan akan dijual di seluruh dunia – termasuk AS – tahun depan.

Mengapa penting: Meskipun Toyota memiliki pengalaman yang luas dengan SUV, ini adalah pertama kalinya mereka memproduksi crossover listrik khusus; bZ4X juga memperkenalkan bahasa desain baru yang dapat dengan mudah dikacaukan dengan SUV Lexus.

Jarak sumbu roda yang panjang dan overhang yang pendek memberikan proporsi yang khas pada bZ4X. Dari depan, bagian depan mengadopsi garis sporty dan ventilasi udara, dan hidung bebas gril dengan cepat membedakannya sebagai mobil listrik. Hitam glossy mengelilingi lampu depan yang ramping dan memanjang hingga ke lengkungan roda. Di bagian belakang, strip LED tipis menghubungkan lampu belakang, meminjam sentuhan dari SUV kompak mewah Lexus UX.

Interior mewah dan modern tidak seperti kabin Toyota yang pernah kita lihat. Kontrol iklim kapasitif dan layar infotainment besar berkontribusi pada tampilan kelas atas, dan interior tiga warna serta kain abu-abu premium yang menutupi dasbor adalah elemen baru Toyota. Tampilan yang lebih kecil di depan pengemudi mengambil alih tugas panel instrumen, dan pemilih gigi berputar yang menggantikan transmisi konvensional. Itu duduk di tengah konsol tengah seperti jembatan, yang menyerupai truk pickup Sienna terbaru.

Kami berharap bZ4X memiliki jangkauan mengemudi sekitar 250-300 mil dengan muatan penuh, serta kemampuan pengisian cepat. Pencapaian tersebut setara dengan segmen SUV listrik “jarak jauh”, yang mencakup Chevrolet Bolt EUV, Hyundai Ioniq 5, Volkswagen ID4, dan Ford Mustang Match E.

Trending :   Langsam Motor Sering Mati

PLATFORM DAN POWERTRAIN: bZ4X akan menjadi model pertama yang didasarkan pada platform e-TNGA baru Toyota. Ini juga merupakan kendaraan listrik pertama yang diproduksi melalui proyek perpanjangan antara Toyota dan Subaru. Kami berharap SUV ini menawarkan motor listrik di kedua as roda untuk mendukung kemampuan penggerak semua roda.

Perkiraan harga: $36000

TANGGAL PENJUALAN YANG DIHARAPKAN: Produksi Toyota bZ4X akan dimulai debutnya sekitar tahun 2022

 

TRENDING

ARTIKEL TERBARU