7 Tips Menjaga Kesehatan KulitĀ 

7 Tips Menjaga Kesehatan KulitĀ Orang mengatakan bahwa kecantikan hanya sedalam kulit. Yang penting adalah apa yang “di dalam”.

Bagian dalam kita memang penting, tetapi kulit adalah lapisan pertahanan pertama melawan dunia luar.

Kulit juga dapat memberikan petunjuk penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pelajari cara merawat kulit Anda dengan baik, sehingga kulit Anda dapat merawat Anda dengan baik.

Kulit melindungi tubuh Anda dengan banyak cara. ā€œKulit memberikan penghalang untuk melindungi tubuh dari bakteri yang menyerang dan potensi bahaya lingkungan lainnya yang dapat berbahaya bagi kesehatan manusia,ā€ kata dokter kulit, Dr. Heidi Kong.

Kulit juga memainkan peran lain. Ini mengandung ujung saraf yang memungkinkan Anda merasakan ketika suatu benda terlalu panas atau tajam, sehingga Anda dapat dengan cepat menarik diri.

Kelenjar keringat dan pembuluh darah kecil di kulit Anda membantu mengontrol suhu tubuh Anda. Sel-sel di kulit Anda mengubah sinar matahari menjadi vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang.

Kulit juga dapat mengingatkan Anda akan masalah kesehatan. Ruam merah dan gatal bisa mengindikasikan alergi atau infeksi, dan ruam merah di wajah Anda bisa menjadi tanda lupus.

Warna kuning dapat mengindikasikan penyakit hati. Tahi lalat gelap atau tidak biasa mungkin merupakan tanda peringatan kanker kulit.

Waspadai perubahan tak terduga pada kulit Anda, dan bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran.

Kulit Anda bisa menjadi sangat kering jika Anda tidak minum cukup cairan atau menghabiskan banyak waktu dalam kondisi cerah atau kering.

“Meskipun mencuci tangan penting untuk kebersihan yang baik, mencuci tangan terlalu sering juga dapat menyebabkan kulit kering,” kata Kong, terutama jika Anda mencuci dengan air panas dan sabun yang keras.

Trending :   4 Langkah Menghilangkan Lemak Perut

Untuk merawat kulit kering, gunakan krim atau lotion pelembab, gunakan air hangat sebagai pengganti air panas saat mandi dan cuci tangan.

Anda juga dapat mencoba menggunakan pelembab udara untuk mengurangi kekeringan udara di rumah Anda.

Sinar matahari juga dapat merusak kulit Anda. Sinar matahari mengandung sinar UV yang menyebabkan kulit terbakar dan membuat kulit Anda menua lebih cepat, menyebabkan lebih banyak kerutan seiring bertambahnya usia.

“Ada hubungan kuat antara paparan sinar UV dan kanker kulit,” tambah Kong. Jadi lindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Kenakan topi dan pakaian pelindung lainnya, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, dan batasi waktu yang Anda habiskan di bawah sinar matahari pada pagi dan sore hari, saat sinar matahari paling kuat.

Banyak peneliti kulit seperti Kong mempelajari mikrobioma kulit – bakteri dan mikroorganisme lain yang hidup di kulit Anda. Beberapa mikroba ini dapat bermanfaat.

Bukti menunjukkan bahwa mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan membantu Anda tetap sehat. “Tetapi ada beberapa kondisi kulit terkait yang diketahui memiliki mikroba spesifik,” kata Kong.

“Kami mencoba memahami bagaimana mikroba ini berbeda antara orang sehat dan orang dengan kondisi kulit.” Dalam jangka panjang, para ilmuwan ingin menemukan cara untuk mendukung mikroba kulit yang sehat sekaligus mengurangi mikroba berbahaya.

Tips menjaga kesehatan kulit

Berikut tips untuk kulit sehat

  • Membersihkan. Mandi dengan air hangat – bukan air panas; gunakan pembersih ringan yang tidak menyebabkan iritasi; dan cuci dengan lembut – jangan digosok.
  • Mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan, gunakan tabir surya, dan kenakan pakaian pelindung.
  • Jangan gunakan tanning bed atau sunlamps. Mereka memancarkan sinar ultraviolet berbahaya yang sama seperti matahari.
  • Hindari kulit kering. Minum banyak air dan gunakan pelembab lembut, losion, atau krim.
  • Mengurangi stres. Stres dapat membahayakan kulit dan sistem tubuh lainnya.
  • Tidur yang cukup. Para ahli merekomendasikan sekitar 9 jam semalam untuk remaja dan 7-8 jam untuk orang dewasa.
  • Konsultasi ke dokter. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda melihat ada perubahan aneh pada kulit Anda, seperti ruam atau tahi lalat yang berubah dalam ukuran atau warna.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU