Begini Cara Menentukan Waktu yang Tepat Memulai Bisnis

Mengetahui target pasar Anda dan siap secara finansial adalah kuncinya.

Memulai bisnis memang tidak mudah. Anda harus memutuskan layanan atau penawaran produk Anda, seperti apa audiens target Anda, dan kapan meluncurkannya.

Pengusaha menyebutkan banyak alasan untuk memulai bisnis mereka. Diantaranya, ketidaksukaan mereka terhadap pekerjaan mereka saat ini, kebutuhan untuk outlet kreatif. Atau hanya memupuk keinginan untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Apa pun yang memotivasi Anda, waktu dan alasan untuk menciptakan bisnis harus memiliki tujuan.

Berikut adalah beberapa langkah dan pertimbangan penting untuk menentukan apakah waktu yang tepat untuk mewujudkan bisnis Anda sendiri.

Langkah Penting Menentukan Waktu yang Tepat Memulai Usaha

Cari dan temukan audiens target Anda

Inti dari setiap ide bagus adalah siapa yang ingin Anda layani. Audiens target Anda terdiri dari orang-orang yang membutuhkan atau menginginkan produk atau layanan Anda, dan mereka pada gilirannya dapat membantu kesuksesan bisnis Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh situs web startup, Failory, menemukan bahwa 90% dari startup gagal. Salah satu alasan utama yang dikutip adalah bahwa produk tersebut tidak cocok untuk pasar yang dipilih

Untuk mengetahui apakah ada pasar untuk bisnis Anda, melakukan penelitian sangat penting. Menurut Small Business Administration (SBA), kunci untuk menemukan kekuatan dan proposisi penjualan dan akhirnya menentukan target pasar Anda, adalah:

  • Melakukan riset pasar, seperti mengumpulkan data demografi usia, populasi, dan kekayaan
  • Menganalisis perilaku konsumen dan tren ekonomi

Tip: Saat Anda mengembangkan ide bisnis, surveilah audiens sesering mungkin untuk memahami bagaimana Anda dapat memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan mereka. Salah satu cara efektif untuk menemukan audiens target Anda adalah melalui Grup Fokus Facebook.

Uji ide Anda di target pasar Anda

Jika Anda memiliki ide bisnis tetapi tidak yakin itu akan berhasil, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan menguji situasinya.

Pada tahun 2019, Tonita White, pemilik Dopey Lit, memiliki ide untuk meluncurkan wewangian rumah, dengan tujuan memasarkan lilin berbahan dasar kedelai kepada apa yang dia sebut sebagai konsumen “perkotaan”.

Trending :   7 Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan

“Saya terus kembali ke ide lini wewangian rumah,” kata White kepada The Balance dalam wawancara telepon baru-baru ini. “Saya membutuhkan outlet kreatif, dan saya ingin itu menjadi sesuatu yang saya sukai dan nikmati.”

Ibu kembar yang sibuk ini memutuskan untuk memulai dari yang kecil dan menguji pasar dengan menciptakan dua wewangian. Kemudian White menganggarkan untuk persediaan dan membuka toko pop-up. Setelah mencoba ide bisnisnya dan menyadari bahwa orang-orang menyukai produknya, pengusaha tersebut memutuskan untuk melangkah maju pada tahun 2020.

Dia telah mengembangkan kehadiran situs web dan media sosial untuk mewujudkan bisnisnya. Selain itu, White telah memperluas lininya untuk memasukkan wewangian liburan dan lilin yang meleleh.

Apakah Anda punya waktu, tenaga, dan sumber daya?

Jika Anda siap untuk memulai bisnis, Anda memerlukan waktu untuk mendedikasikannya, energi untuk melewati masa-masa sulit, sumber daya keuangan, dan jaringan yang akan mendukung upaya Anda.

Waktu dan Tenaga

Meskipun Anda mungkin ingin memulai bisnis Anda sendiri, waktu adalah faktor penting yang harus Anda ingat, terutama dalam hal rumah dan kehidupan profesional Anda.

Misalnya, katakanlah Anda seorang ibu rumah tangga dengan anak kecil tetapi tanpa banyak pilihan pengasuhan anak. Memulai bisnis yang mengharuskan Anda tersedia untuk klien sepanjang hari mungkin bukan pilihan yang realistis. Atau, jika Anda memiliki profesi yang menuntut, memulai bisnis yang membutuhkan persyaratan yang sama dapat dengan cepat membuat Anda kelelahan.

Anda harus percaya pada nilai ide Anda. Pertimbangkan saja bagaimana Anda dapat mencapai visi Anda secara lebih logis.

Tip: Jika jadwal Anda dibatasi oleh tanggung jawab lain, buat jadwal yang bisa diterapkan dan efektif untuk menjalankan bisnis Anda. Ini akan membantu Anda merasa termotivasi untuk bertahan dalam bisnis sambil mengelola operasi Anda secara efektif.

“Kesabaran itu penting,” Theresa Satchell, pelatih strategi bisnis dan pendiri Kingdom Legacy Partnerships, mengatakan melalui telepon kepada The Balance. “Ada musim dalam hidup dan musim dalam bisnis. Karena hidup atau keadaan, Anda harus menyesuaikan atau memberikan lebih sedikit layanan, tetapi itu tidak berarti Anda berhenti.”

Sumber keuangan

Bagaimana Anda berencana untuk membiayai bisnis baru Anda? Bagi banyak pengusaha, memulai bisnis berarti membuat anggaran untuk struktur hukum, biaya operasi, pemasaran, dan persediaan. Sebagai bagian dari menjalankan bisnis Anda, Anda akan dikenakan biaya berulang.

Trending :   Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil

Jumlah uang yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis Anda sangat bergantung pada jenis operasi yang Anda siapkan. Misalnya, seorang pengusaha yang memulai sebuah blog akan memiliki pengeluaran yang sangat sedikit.

Namun, siapa pun yang memulai bisnis yang membutuhkan etalase atau banyak peralatan akan memerlukan rencana bisnis dan kredit yang baik untuk mendanai ide mereka.

Saat Anda mempertimbangkan apakah sekarang saat yang tepat untuk memulai bisnis Anda sendiri, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan keuangan penting ini:

  • Berapa banyak uang yang Anda simpan untuk mendanai bisnis Anda?
  • Seperti apa kredit Anda, dan apakah itu akan membantu atau menghalangi Anda untuk memulai bisnis Anda?
  • Jika kredit tidak bagus, apa yang perlu Anda lakukan untuk membangun kredit sampai Anda siap untuk memulai bisnis sendiri?
  • Apa modal awal yang Anda butuhkan untuk mendanai bisnis Anda?
  • Berapa pengeluaran bisnis Anda?
  • Bagaimana peluncuran bisnis ini akan membantu atau merugikan keuangan pribadi Anda (terutama jika Anda meninggalkan pekerjaan untuk memulai bisnis)?

Dukungan jaringan

Kemampuan untuk terhubung dengan orang lain melalui saluran sosial seperti LinkedIn dan organisasi profesional terkait industri, misalnya sangat penting untuk memulai bisnis.

“Sebelum memulai bisnis, bicarakan dengan penasihat bisnis untuk membantu Anda membuat keputusan yang bijaksana,” kata Satchel. “Kewirausahaan adalah sebuah perjalanan. Terhubung dengan orang-orang dalam kemitraan yang tepat akan membawa Anda ke tingkat berikutnya. Anda perlu bertemu orang yang tepat dan menjalin hubungan.”

Pertimbangan musiman

Waktu dalam setahun juga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk memulai bisnis. Beberapa orang mungkin memulai bisnisnya di awal tahun karena kepercayaan akan awal yang baru yang diasosiasikan dengan tahun baru.

Sementara itu, orang lain mungkin percaya bahwa mendirikan perusahaan harus terjadi ketika pasar tepat untuk menerima penawaran mereka.

Misalnya, jika Anda seorang pembuat roti, masuk akal untuk mulai merencanakan bisnis Anda selama musim panas, dan pada musim gugur, pasarkan penawaran bisnis Anda melalui acara pencicipan sehingga Anda siap untuk musim liburan.

Membuat rencana bisnis

Apapun industri Anda, cara terbaik untuk memulai bisnis adalah dengan mengembangkan rencana bisnis yang solid dan strategis serta realistis dalam kemampuan Anda untuk menerapkan dan memeliharanya.

Bagaimanapun, menjalankan bisnis membutuhkan dedikasi dan pemahaman tentang audiens target Anda, prospek ekonomi industri, dan kemampuan finansial Anda sendiri.

Namun, rencana bisnis yang solid, lengkap dengan persaingan dan analisis pasar Anda, dapat meningkatkan visi Anda – dan membantu mewujudkan ide Anda kapan saja sesuai keinginan Anda.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU