Ulasan SAMSUNG GALAXY S21 FE: Melenceng Dari Sasaran

Berikut adalah kategori di pasar ponsel cerdas yang telah muncul selama beberapa tahun terakhir yang akan saya sebut “Unggul Nilai”. Membeli perangkat agak seperti melarikan diri dari sesuatu. Hampir semua fitur perangkat kelas atas dengan harga yang jauh lebih rendah. Ponsel seperti iPhone SE, Pixel A-series, dan Samsung Galaxy S20 FE adalah genre klasik, menggabungkan fitur yang tepat dengan harga yang tepat pada waktu yang tepat. Dengan entri kedua dalam kategori  Galaxy S21 FE, Samsung sedikit melenceng dari semua elemen yang akan membuat flagship ini begitu berharga.

S21 FE datang sangat terlambat dalam siklus produk keluarga S21, menipiskan kecemerlangan daya tarik “unggulan tahun ini dengan harga lebih murah”. Ini juga menawarkan hampir semua yang Anda dapatkan dari S21 standar, kecuali RAM yang lebih sedikit, kamera telefoto berkualitas lebih rendah, dan layar yang sedikit lebih besar. Tetapi dengan harga $699 (sekitar 100juta) itu juga tidak jauh lebih murah daripada $799 (sekitar 11,4juta) S21. Mengingat S21 sering didiskon dan S22 kemungkinan akan segera hadir, S21 FE sepertinya bukan masalah besar.

Tidak ada keraguan bahwa S21 FE adalah perangkat yang bagus. Prosesor Snapdragon 888 dan RAM 6GB memberikan kinerja yang mulus dan cepat untuk sebagian besar tugas. Layar OLED 6,4 inci menawarkan pengguliran yang mulus dengan kecepatan refresh 120Hz. Bahkan dengan layar refresh rate yang besar, cerah, dan tinggi, baterainya akan membawa Anda sepanjang hari. Sulit untuk merekomendasikan kepada siapa pun ketika hanya $100 (sekitar 1,4juta) yang akan memberi Anda S21, dan $100 lebih sedikit akan membeli Google Pixel 6 yang sangat bagus.

Kelebihan Samsung Galaxy S21 FE

Layar Besar dan Kecepatan Refresh Tinggi

S21 FE menampilkan layar OLED 6,4 inci dengan resolusi 1080p cerah dan cerah dengan warna hitam pekat – Samsung klasik. Bezelnya sangat tipis, dan kecepatan refresh 120Hz membuat animasi dan pengguliran menjadi sangat mulus. Ada Gorilla Glass Victus yang melindungi panel depan dan bingkai terbuat dari aluminium. Pemindai sidik jari dalam layar yang cepat dan andal sudah terpasang. Sejauh ini, bahkan unggulan.

Bagian belakang terbuat dari plastik komposit dan bukan panel kaca berkualitas tinggi, tetapi begitu juga dengan S21. Benjolan kamera S21 FE adalah plastik daripada permukaan logam yang meresap ke dalam sasis pada S21, jadi ini sedikit kompromi pada nilai. Tetapi dengan komponen kelas atas lainnya dan layar yang bagus untuk dilihat, perangkat ini terasa seperti perangkat paling atas dari tangga kelas menengah.

Ada baterai 4.500mAh di papan yang dengan mudah bertahan selama hari penggunaan moderat dalam pengujian kami. Pengguna listrik mungkin menemukan diri mereka dalam persentase baterai satu digit di penghujung hari, terutama dengan pengaturan kehalusan layar pada 120Hz default. Tidak ada opsi untuk kecepatan refresh variabel, yang akan membantu menghemat masa pakai baterai saat menggunakan pengaturan kecepatan refresh yang lebih tinggi – hanya standar 60Hz atau 120Hz.

Trending :   Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan

S21 FE mendukung pengisian nirkabel cepat 15W dan pengisian kabel 25W. Adaptor daya tidak disertakan dalam kotak, hanya kabel USB-C. S21 FE tidak mendukung pengisian cepat melalui port USB komputer, jadi jika Anda menginginkan kecepatan terbaik dan tidak memiliki unit daya yang kompatibel, Anda harus membelinya.

Ini terlihat seperti perangkat di level tertinggi di tangga tengah.

Dukungan Perangkat Lunak yang Hebat

S21 FE menyertakan prosesor Snapdragon 888 terbaik yang sama dengan seri S21 lainnya, tetapi menawarkan RAM 6GB sebagai opsi model dasar dibandingkan dengan S21 8GB. Saya tidak melihat ini memiliki efek yang signifikan dalam penggunaan sehari-hari. S21 FE membuka aplikasi dengan cepat dan mudah dinavigasi. Ponsel menjadi hangat saat memainkan Call of Duty Mobile tetapi tetap berfungsi. Satu-satunya tempat saya melihat sedikit kelambatan adalah pada pratinjau langsung menggunakan mode potret pada kamera, tetapi ini adalah mode yang memerlukan pemrosesan ekstensif dan saya tidak mengharapkan rendering yang mulus. Untuk sebagian besar tujuan, kinerjanya sangat bagus.

S21 FE hadir dengan Android 12 One UI 4.0 dan semua opsi penyesuaian sistem baru yang ditawarkannya. Jika Anda menetapkan gambar sebagai wallpaper, telepon akan menyarankan palet warna pelengkap untuk diterapkan pada tombol dan ikon. Anda juga dapat menskalakan dan menyesuaikan layar beranda dan wallpaper layar kunci secara mandiri. Yang terbaik dari semuanya, aplikasi cuaca stok tidak lagi menampilkan iklan yang menonjol di bagian atas layar – hanya beberapa tautan ke artikel Saluran Cuaca clickbaity di bagian bawah, yang dapat saya gunakan.

Kamera Telefoto yang Bagus

S21 FE memiliki fitur kamera belakang utama yang sama – unit 12MP f/1.8 dengan stabilisasi optik – seperti S21 standar. Namun, kamera telefoto berbeda dengan sensor 8MP yang jauh lebih kecil dan zoom optik 3x daripada zoom digital/optik hibrida 3x 64MP pada S21. Namun, ini adalah kamera zoom optik yang stabil dan benar, dan ini tidak sepenuhnya aman untuk kategori di bawah $800.

Dimungkinkan untuk mengambil foto zoom hibrida 30x dengan S21 FE, tetapi kamera menggunakan data yang jauh lebih sedikit daripada S21, jadi foto dengan panjang ini terlihat (seperti yang diharapkan) seperti cat air. Foto pada zoom 3x asli terlihat jauh lebih baik – bahkan dalam pencahayaan dalam ruangan yang redup, saya bisa mendapatkan beberapa foto mode potret yang sangat tajam dengan lensa zoom. Ini bukan prestasi kecil untuk sensor kecil. Secara pribadi, saya lebih suka jika kamera utama adalah kamera default untuk mode potret daripada zoom, tetapi itu mungkin saya.

Trending :   Cara Membuat Google Form di HP iphone dan Android

Kamera utama pada S21 FE bekerja dengan baik secara keseluruhan. Gambar cerah dan jenuh, seperti yang kami harapkan dari Samsung, dan mode Malam menampilkan jumlah detail yang mengesankan, asalkan subjek Anda tidak bergerak. Itu tidak bisa menandingi kamera Pixel 6 untuk retensi detail, baik di malam hari atau dalam mode pemotretan standar, dan tampilan S21 FE yang lebih hangat dan jenuh bukanlah favorit saya. Ini bukan kamera terbaik di kelasnya, tetapi melakukan pekerjaan yang cukup bagus dengan andal.

Ada juga kamera ultrawide, yang sedikit kurang lebar dari S21. Kamera depan 32MP memiliki fokus tetap, sedangkan kamera selfie pada S21 menawarkan fokus otomatis. Saat pertama kali Anda menggunakan kamera selfie, Anda diminta untuk memilih antara nada warna “alami” dan “cerah”. Sebagai seseorang yang lebih menyukai lingkungan alami, saya menghargai bahwa saya tidak perlu masuk ke daftar untuk menemukannya. Baik kamera ultrawide maupun selfie melakukan tugasnya dengan baik, dan menurut saya calon pemilik S21 FE tidak akan terlalu peduli dengan perbedaan antara mereka dan rekan S21 mereka.

Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE

Datang terlambat dalam seri produk siklus S21

Terlepas dari semua kualitas positif yang baru saja saya alami, S21 FE adalah ponsel hebat yang cocok untuk sedikit orang. Mereka yang tidak memiliki loyalitas khusus kepada Samsung akan sangat senang dengan Pixel 6 dengan harga lebih murah $100. Ini memenuhi atau melampaui kemampuan S21 FE di hampir semua hal — kamera ini memiliki kamera yang lebih baik, dibuat dengan material premium di bagian depan dan belakang, menyertakan sedikit lebih banyak RAM, dan memberikan kinerja yang serupa daripada chip Tensor baru yang dirancang Google . Benar, Anda tidak mendapatkan kamera telefoto (dipesan untuk $899 6 Pro) dan kecepatan refresh layar atas adalah 90Hz, bukan 120Hz. Jika fitur ini bernilai tambahan $100 untuk Anda, pertimbangkan S21 FE. Semua yang lain harus pindah ke Pixel 6.

Jika Anda adalah penggemar Samsung yang berkomitmen, Anda mungkin tidak keberatan membayar tambahan $100 untuk S21 untuk beberapa lonceng dan peluit tambahan. Bahkan, Anda mungkin sudah melakukannya. Dengan harga murah dan panel belakang komposit, S21 memang sejenis Edisi Penggemar dari seri S21.

GALAXY S21 FE memberi saya sedikit keluhan, tetapi tidak banyak yang direkomendasikan di atas.

Pengisian daya cepat membutuhkan biaya tambahan

Namun, masih ada sesuatu yang bisa dikatakan untuk ponsel dengan kebijakan dukungan yang sangat baik (tiga pembaruan OS utama dan empat tahun pembaruan keamanan), kamera telefoto yang layak, dan (kebanyakan) komponen berkualitas tinggi yang harganya di bawah $1.000 atau sekitar 14 juta. Saya biasanya mengarahkan pembeli potensial ke ponsel Pixel untuk pembaruan perangkat lunak yang lebih cepat, tetapi tampaknya Samsung setidaknya berkomitmen untuk mendapatkan pembaruan OS utama lebih awal daripada tahun-tahun sebelumnya.

Galaxy S21 FE memberi saya sedikit keluhan, tetapi tidak banyak yang merekomendasikannya di atas alternatif. Jika Anda telah menunda selama itu dan tidak ingin menunggu beberapa minggu lagi untuk melihat apa yang ditawarkan S22, belilah ponsel ini. Tetapi jika Anda lebih sebagai pengamat biasa daripada penggemar, saya rasa ini bukan perangkat untuk Anda.

TRENDING

ARTIKEL TERBARU